Tim Tanggap Insiden Siber - TTIS/CSIRT 
  21.11.2024  |  Berita  |  Kontak  |  Perihal  | 

Layanan


A. Layanan Reaktif

Layanan reaktif dari CSIRT-UBJ merupakan layanan utama dan bersifat prioritas, yaitu:

  • 5.1.1. Layanan pemberian peringatan terkait dengan laporan insiden siber Layanan ini dilaksanakan oleh CSIRT-UBJ berupa pemberian peringatan adanya insiden siber pada sistem elektronik dan informasi statistik yang dikelola oleh masing-masing satuan kerja.
  • 5.1.2. Layanan penanggulangan dan pemulihan Insiden Layanan ini diberikan oleh CSIRT-UBJ berupa koordinasi, analisis, rekomendasi teknis, dan bantuan kunjungan ke lokasi dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden siber. CSIRT-UBJ memberikan informasi statistik terkait layanan ini.
  • 5.1.3. Layanan penanganan kerawanan Layanan ini diberikan oleh CSIRT-UBJ berupa koordinasi, analisis, dan rekomendasi teknis dalam rangka penguatan keamanan (hardening), CSIRT-UBJ memberikan informasi statistik terkait layanan ini. Namun, layanan ini hanya berlaku apabila syarat-syarat berikut terpenuhi:
    • a. Pelapor atas kerawanan adalah pemilik sistem elektronik. Jika pelapor adalah bukan pemilik sistem, maka laporan kerawanannya tidak dapat ditangani;
    • b. Layanan penanganan kerawanan yang dimaksud dapat juga merupakan tindak lanjut atas kegiatan Vulnerability Assessment.
  • 5.1.4. Layanan penanganan artifak Layanan ini diberikan oleh CSIRT-UBJ berupa penanganan artifak dalam rangka pemulihan sistem elektronik terdampak ataupun dukungan investigasi. CSIRT-UBJ memberikan informasi statistik terkait layanan ini

B. Layanan Proaktif

CSIRT-UBJ secara aktif membangun kapasitas sumber daya keamanan siber melalui kegiatan:

  • 5.2.1. Pemberitahuan hasil pengamatan terkait dengan ancaman baru Layanan ini diberikan oleh CSIRT-UBJ berupa hasil dari sistem deteksi dini sistem monitoring keamanan. CSIRT-UBJ memberikan informasi statistik terkait layanan ini.
  • 5.2.2. Layanan security assessment Layanan ini diberikan oleh CSIRT-UBJ berupa identikasi kerentanan dan penilaian risiko atas kerentanan yang ditemukan. CSIRT-UBJ memberikan informasi statistik terkait layanan ini.
  • 5.2.3. Layanan security audit Layanan ini diberikan oleh CSIRT-UBJ berupa penilaian keamanan informasi. CSIRT-UBJ memberikan informasi statistik terkait layanan ini.
  • 5.2.4. Layanan Manajemen Kualitas Keamanan CSIRT-UBJ meningkatkan kualitas keamanan melalui kegiatan:
    • a. Konsultasi terkait kesiapan penanggulangan dan pemulihan Insiden
    • b. Layanan ini diberikan oleh CSIRT-UBJ berupa pemberian rekomendasi teknis berdasarkan hasil analisis terkait penanggulangan dan pemulihan insiden
    • c. Pembangunan kesadaran dan kepedulian terhadap keamanan siber
    • d. Dalam layanan ini CSIRT-UBJ mendokumentasikan dan mempublikasikan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka pembangunan kesadaran dan kepedulian terhadap keamanan siber
    • e. Pembinaan terkait kesiapan penanggulangan dan pemulihan insiden
    • f. CSIRT-UBJ menyiapkan program pembinaan dalam rangka pendukung penanggulangan dan pemulihan insiden